Bandara Ini Mempunyai Arsitektur dan Fasilitas Yang Bikin Betah Penumpang

  • Post Category:News
  • Post Comments:0 Comments

Menunggu jadwal keberangkatan penerbangan kadang bisa membuat para penumpang bosan, apalagi mengalami delay atau keterlambatan keberangkatan ditambah fasilitas yang kurang mendukung. Tapi di Bandara atau Airport ini, mungkin tidak masalah jika penerbangan harus delay. Dengan sentuhan desain dari para masterpiece arsitektur, dan juga fasilitas-fasilitas yang telah disediakan, bandara ini terlihat menakjubkan dan bisa betah berlama-lama menunggu jadwal penerbangan.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan ­satu-satunya program benchmarking­ global yang mengukur tingkat kepuasan p­enumpang di bandara. Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat ma­kan, ketersediaan bank/ATM/money changer­, sarana hiburan dan rekreasi di bandara­, serta keramahan dan kesigapan staf ban­dara. Ini dia bandara yang memiliki arsitektur megah dan fasilitas terbaik :

Bandara Ngurah Rai (Bali – Indonesia)

Bandara yang meraih predikat sebagai bandara terbaik ke-7 di dunia, bandara Ngurah Rai Bali juga menyabet sebagai bandara yang memiliki akses wifi tercepat ke-6 di dunia setelah mengalahkan salah satu bandara IAH di Amerika Serikat. Kecepatan unduhan mencapai 16.01 Mbps, membuat pengunjung yang rata-rata pengguna internet aktif, bisa sedikit lebih bersabar menunggu delay. Bandara ini lebih mirip seperti sirkuit balap jika dilihat dari atas, dengan jalan berkelok-kelok. Bandara yang masuk dalam 10 bandara terbaik di dunia ini memiliki gapura-gapura dengan relief Bali yang menjadi ciri khasnya.

Bandara Sepinggan (Balikpapan – Indonesia)

Memiliki sistem keamanan canggih pada penanganan bagasi, bandara ini mengalahkan bandara tersibuk di Indonesia Soekarno Hatta Airport. Desain bandara dengan nama lengkap Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan ini berwarna putih modern bertema futuristic eco-airport yang ramah lingkungan, serta berdinding kaca transparan yang mengelilingi bandara membuat pengunjung dengan leluas memandang ke luar tanpa merasa terpenjara. Di bagian tengah terminal, terdapat sebuah taman yang berdekatan dengan area pengambilan bagasi. Bagi pengunjung yang jenuh menunggu pesawat, bisa mengunjungi boutique mall yang  terintegrasi di sini. Bandara ini memiliki gedung parkir sebanyak 4 lantai yang mampu menampung 2300 unit kendaraan. Bandara ini dirancang oleh Benyamin Aris Nugroho yang juga mendesain Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Tidak hanya berinovasi melalui desain, sejumlah fasilitas menarik disajikan pihak Angkasa Pura I untuk memberikan kenyamanan pengunjung bandara. Di sini ada toilet 3D dan airport cinema, yang merupakan pertama di Indonesia.

Adolfo Suarez Barajas (Madrid – Spanyol)

Luasnya sekitar 7.500 hektar dan merupakan satu dari bandara terbesar di Eropa selain Paris-Charler de Gaulle Airport. Bandara yang dibuka untuk umum tahun 1928 telah melayani lebih dari 41,8 juta penumpang, yang menjadikannya bandara tersibuk di Spanyol dan bandara tersibuk keenam di Eropa. Bandara ini berfungsi sebagai bandara transit bagi Air Europa dan Iberia, serta kota tujuan utama bagi Iberia Express, Norwegian Air Shuttle, Ryanair dan Vueling. Tersedia penerbangan langsung ke beberapa tempat tujuan di Spanyol dan tempat lain di Eropa, serta beberapa tujuan di Afrika, Timur Tengah, Asia, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Layanan dan fasilitas penumpang di Bandara Madrid-Barajas mencakup restoran, toko ritel, internet WIFI, warnet, ATM dan penukaran mata uang, layanan medis, tempat ibadah dan ruang tunggu bandara.

Changi Airport (Singapura)

3D rendering by visualmediaworks, vmw

Bandara yang didesain oleh Moshe Safdie memulai konstruksi pembangunan baru di bandar udara Singapura, Changi, pada bulan Desember 2014. Dengan menampilkan Forest Valley (Lembah Hutan), Jewel Gardens (Kebun Permata) dan Rain Vortex atau air terjun setinggi 40 meter, bandara baru ini akan tampak seperti dunia yang Memukau daripada sekadar terminal udara. Dan yang pasti bisa menjadi spot apik photo instagram kalian. Selain itu, fasilitas yang ada di Bandara ini meliputi Movie Theatre, The Slide perosotan setinggi 12 meter sampai banyaknya taman-taman disetiap Terminalnya.

Incheon International Airport (Korea Selatan)

Bandara ini menggantikan Bandar Udara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan international ke Bandar Udara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang dan Bandar Udara Internasional Hongqiao di Shanghai, Tiongkok. Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini. salah satu hal menganggumkan di Incheon International Airport adalah pelayannya. Bandara ini menyediakan tempat peristirahat bagi para penumpang lho. Tempat tidur, tempat spa, tempat permainan anak, tempat mandi gratis pun disediakan. Sebagai negara dengan 4 musim, Korea menonjolkan pesona musim dinginnya dengan membuat Ice Forest atau tempat bermain ice skating.

Leave a Reply