Kemegahan Masjid Terbesar di London

Masjid terbesar di Eropa Barat ini dianggap sebagai pusat keagamaan abad ke-21. Masjid Baitul Futuh yang berada di Morden, London selatan, ini dapat menampung hingga 10.000 jamaah. Masjid agung ini dihiasi kubah 15,5 m dan menara setinggi 35 m dibangun dari pengumpulan dana hasil sumbangan dan iuran para anggota Jemaat Ahmadiyah di seluruh Inggris.

Masjid terbesar di Eropa Barat ini dianggap sebagai pusat keagamaan abad ke-21. Masjid Baitul Futuh yang berada di Morden, London Selatan

Komunitas Muslim Ahmadiyyah sendiri didirikan oleh Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad di Qadian, India, pada bulan Maret 1889 silam. Kini Anda bisa menemukan para muslim Ahmadiyah yang menyebar ke 174 negara, dengan 200 juta pengikut dari seluruh dunia.

Bekas Pabrik Susu

Komplek dan bangunan masjid ini, sebelumnya merupakan sebuah pabrik susu yang dibeli oleh Jemaat Ahmadiyah dengan harga sekitar 2,2 juta poundsterling, atau sekitar 32 miliar rupiah, dengan luas komplek 5,2 hektar. Bangunan ini kemudian dirombak total menjadi sebuah masjid yang megah. Total biaya pembangunan masjidnya mencapai 5 juta poundsterling, atau sekitar 72 miliar lebih.

Di ruang shalat utama untuk kaum pria, selain ada mimbar untuk Imam dan Khatib, ruang utama untuk shalat ini juga dilengkapi dengan beberapa panggung khusus untuk camera, untuk menyiarkan acara khutbah Jumat secara live ke seluruh penjuru dunia melalui Televisi Muslim Ahmadiyah International.

Ruang shalat untuk kaum pria dibangun dua lantai. Lantai kedua, diperuntukkan terutama bagi pria yang sudah lanjut usia yang sudah tidak dapat melakukan sahalat dengan cara berdiri. Oleh karena itu untuk menuju ke lantai dua ini, selain disediakan tangga biasa, disediakan juga lift untuk mereka yang sudah lanjut usia dan di ruang shalat manula ini disediakan kursi-kursi untuk mereka yang sudah tidak dapat melakukan shalat dengan cara berdiri karena sudah renta.

Insiden Kebakaran

Pada tahun 2015, api telah melahap elemen penting dari kompleks ini, termasuk ruang ibadah, kantor, tempat tinggal dan fungsi pendukung lainnya. Hal ini berdampak serius pada masyarakat Muslim Ahmadiyah yang biasa beraktivitas di masjid tersebut.

Pada insiden ini, 2 remaja laki-laki ditahan di kantor polisi London selatan atas dugaan membakar Masjid Baitul Futuh pada Minggu, 27 September 2015, waktu setempat. Api mulai membakar setelah pukul 12.00 siang waktu setempat di masjid terbesar di Eropa Barat itu.

Petugas pemadam kebakaran dari New Malden, Wandsworth, Tooting, Sutton, Mitcham dan Norbury, telah berada di lokasi. Saat kejadian, jalan di sekitar lokasi telah dinonaktifkan dengan pengendara disarankan untuk mengambil rute alternatif yang jauh dari bangunan.

Rafiq Hayat, Presiden Komunitas Nasional Muslim Ahmadiyah Inggris, mengatakan kejadian itu merupakan karunia Allah sehingga masjid tersebut tetap aman dan tidak ada korban luka serta korban jiwa. Kemudian setelah insiden kebakaran ini, Masjid Baitul Futuh siap untuk dikembangkan kembali oleh John McAslan.

Leave a Reply