Masjid Isa Ibn Maryam, Transformasi Gereja Menjadi Masjid

Komunitas muslim New York yang bergabung dalam  The Northside Learning Center pada akhir 2013 membeli sebuah gereja Katolik Holy Trinity di  Syracuse, New York untuk dijadikan sebagai masjid. Masjid itu kemudian diberi nama Masjid Isa Ibn Maryam atau Mosque Of Jesus Son Of Mary.

Gereja Holy Trinitysebelumnya  kekurangan jemaat. Akibat tidak ada dana untuk memelihara gedung yang sudah berumur lebih dari seratus tahun ini, pihak keuskupan pada 2013 akhirnya menjual gedung tersebut pada The Northside Learning Center, yayasan yang menolong para imigran untuk berasimilasi dengan masyarakat AS.

Kota Syracuse memang ramah untuk imigran. Sekitar 75% imigran di kota itu adalah Muslim. Mereka dari Irak, Iran, Suriah, Somalia, Bosnia, Albania, dan Nigeria. Gedung tersebut oleh The Northside Learning Center dijadikan sebagai pusat kebudayaan Islam dan Masjid.

Masjid Isa Ibn Maryam resmi menjalankan aktivitas ibadah Islam sejak Juni 2014 lalu setelah dilakukan sejumlah renovasi di bagian gedung bekas gereja itu. Aktivitas ibadah cukup meriah di masjid itu. Ada pula beberapa muallaf Amerika yang memilih mengucapkan syahadat di masjid itu.

Tertarik untuk melihat langsung masjid ini ? Ikuti Trip Wisata Muslim West Coast USA bersama Adinda Azzahra Tour & Travel.

 

 

Leave a Reply