Korea Selatan Bebaskan Visa selama Olimpiade Musim Dingin 2018

Beredar kabar bahwa mulai tahun 2018 Pemerintah Korea Selatan memberlakukan bebas Visa untuk menarik para turis luar tak terkecuali turis dari Indonesia untuk mengunjungi destinasi yang ada di Negeri Ginseng tersebut.

Dalam rangka penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin tahun 2018 yang berlangsung di Pyeongchang, Korea Selatan, pemerintah negara ini memberikan kebijakan bebas visa bagi WNI mulai dari Januari hingga April 2018. Namun demikian, kebijakan ini hanya berlaku bagi Anda yang masuk dan keluar Korea Selatan dari Yangyang International Airport di Gangwon-Do.

Namun ada cara lain jika Anda ingin mengunjungi Korea Selatan tanpa visa :

Ada 3+1 cara untuk Anda dapat masuk ke Korea Selatan sebagai turis, tanpa perlu mengajukan visa:

  1. Jika Anda sudah pernah mengunjungi Korea Selatan lebih dari empat kali dalam dua tahun terakhir atau jika Anda sudah mengunjungi Korea Selatan sebanyak lebih dari 10 kali.
  2. Anda berencana ke Korea Selatan sebelum atau sesudah mengunjungi salah satu dari negara berikut ini, yaitu Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.
  3. Anda berencana berlibur ke Pulau Jeju; hanya Pulau Jeju saja.

Prosedur cara pertama lebih mudah, Anda tinggal perlu menyebutkan jumlah kunjungan Anda sebelumnya ke Negeri Ginseng ini ketika tiba di imigrasi Korea Selatan. Setelah itu, petugas imigrasi akan mengeceknya melalui sistem. Jika Anda memenuhi kualifikasi, maka Anda akan langsung diizinkan masuk.

Untuk cara kedua, Korea Selatan memiliki kebijakan Transit Bound For Another Country, yang artinya Anda bisa bebas masuk ke Korea Selatan selama maksimal 30 hari tanpa perlu aplikasi visa jika Anda sedang dalam perjalanan berkelanjutan ke salah satu negara tersebut. Jadi, misalnya, Anda akan ke Korea Selatan sebelum Anda ke Jepang atau sesudah Anda ke Australia, maka Anda akan bebas dari syarat visa kunjungan. Untuk bisa menikmati program ini, Anda harus memiliki visa yang masih valid ke salah satu negara tersebut dan juga tiket pesawat dari dan/atau ke negara tersebut, plus tiket kembali ke Indonesia.

Sementara poin ketiga merupakan program dari pemerintah setempat Pulau Jeju yang ingin memajukan wisata daerahnya. Mereka menerbitkan kebijakan bebas visa untuk 187 negara, termasuk Indonesia. Program ini cocok untuk Anda yang memang hanya ingin mengunjungi Pulau Jeju, tanpa keliling ke tempat lainnya di Korea Selatan. Namun, hingga saat ini belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Pulau Jeju, sehingga Anda disarankan untuk memilih penerbangan yang transit di negara yang tidak membutuhkan visa, seperti Bangkok atau Hong Kong, lalu dari sana mengambil penerbangan langsung menuju Pulau Jeju.

Berminat traveling ke Korea Selatan ? Ikuti trip Wisata Muslim Korea Selatan bersama Adinda Azzzahra.

 

Leave a Reply