Ngeborong Keju Terbaik di Negeri Kincir Angin

Belanda merupakan salah satu negara yang harus Anda kunjungi saat tour ke eropa barat. Selain keindahan warna warni bunga tulip saat Festival Keukenhof atau romantismenya kota Utrecht yang tidak kalah dengan negara tetangga Paris. Belanda telah memadukan bunga dan beragam jenis keju ke dalam kehidupan mereka, bahkan mengikutsertakannya dalam festival sepanjang tahun.

Pembuatan keju dan serikat pengangkut keju memiliki kedudukan yang kuat dalam kehidupan masyarakat dan perekonomian Belanda selama berabad-abad. Negara bergelar Negeri Kincir Angin ini merupakan negara penghasil keju terbaik di dunia, dan berikut kota-kota penghasil keju yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke negara ini :

GOUDA

Tepatnya di depan gedung balai kota tua Gouda, saat berada di kota tua ini Anda dapat mengikuti tur di Cheese Express, serta melihat aktivitas penimbangan keju tradisional di Goudse Waag, atau mencicipi keju di High Cheese di taman museum. Pasar keju ini buka setiap hari Kamis pagi dari bulan April hingga Agustus.

Gouda ekspor memiliki dua variasi, Gouda muda yang berumur antara 1 sampai 6 bulan, berwarna kuning tua dengan bungkus lilin parafin berwarna merah atau kuning. Keju ini mudah dipotong dengan alat pemotong keju.

Gouda ekspor yang lebih tua memiliki rasa pahit yang tajam, namun masih dianggap lebih berkrim dan kadang dapat dikenali dari bungkus parafin hitamnya. Keju dengan rasa kuat ini keras dan kadang terlalu kaku untuk dipotong dengan alat pemotong keju, namun dapat dipotong dengan pisau atau disajikan dalam bentuk potongan dadu bersama berbagai minuman. Gouda asap, yang merupakan keju proses, dan Gouda Leyden, yang merupakan keju yang dibumbui, juga merupakan jenis yang populer.

ALKMAAR

Pasar Keju Alkmaar adalah objek wisata utama di kota ini. Dari bulan April hingga September, setiap Jumat mulai dari jam 10 pagi, Anda dapat melihat cara keju diperdagangkan dalam tradisi yang sudah berjalan selama berabad-abad. Jika Anda mengunjungi Alkmaar, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk melihat aktivitas rakyat yang penuh warna di Waagplein yang indah ini.

Leave a Reply